Saturday, November 21, 2009

Persoalan Sabdo Kusumo Harus Dituntaskan

When you're learning about something new, it's easy to feel overwhelmed by the sheer amount of relevant information available. This informative article should help you focus on the central points.
KUDUS--Dekan Fakultas Psikologi, Universitas Muria Kudus (UMK) Widjanarko mengatakan, persoalan kelompok Sabdo Kusumo harus diselesaikan hingga tuntas, bukan hanya sekadar dipindahkan dari Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jateng.

"Jika substansi persoalan kasus Sabdo tidak diselesaikan secara tuntas, maka sama saja dengan memindahkan persoalan ke tempat baru," ujarnya di Kudus, Sabtu.

Menurut dia, penyelesaian persoalan tersebut tidak bisa diselesaikan secara frontal atau serta merta mengusir Sabdo, tetapi dapat diselesaikan dengan pendekatan personal.

Apabila ditemukan fakta keberadaan Sabdo meresahkan masyarakat sekitar, dia menyarankan, untuk melokalisasi masalah itu. "Jangan sampai menyulut emosi masyarakat sekitar," ujarnya.

Sementara, Dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, Nor Said menjelaskan, munculnya aliran Sabdo Kusumo merupakan fenomena keberagamaan atas respon terhadap realitas.

The more authentic information about tech you know, the more likely people are to consider you a tech expert. Read on for even more tech facts that you can share.

"Kemunculan Sabdo Kusumo bisa saja bersumber dari pelarian atas persoalan sosial. Mengingat munculnya sekte-sekte banyak yang bersumber dari rasa tidak puas dari agama formal yang ada. Mungkin saja fenomena Sabdo berasal dari presoalan yang sama," ujarnya.

Selain itu, kata dia, kemunculan kelompok Sabdo Kusumo, bisa juga karena faktor ekonomi. "Bisa juga fenomena tersebut muncul akibat adanya rasa tidak puas terhadap kaum elite yang berkuasa," ujarnya.

Banyaknya faktor yang melatarbelakangi fenomena Sabdo, menurut Said, penyelesaiannya tidak bisa serta merta dan harus dilakukan pendekatan budaya terhadap mereka.

"Penyelesaian kasus ini tidak hanya ditangani oleh pihak pemerintah, tetapi semua elemen masyarakat juga harus ikut serta," ujarnya.

Pasalnya, kata dia, kemunculan Sabdo tidak bisa terlepas dari fenomena budaya masyarakat. "Proses kemunculannya tentu sangat panjang, sehingga penyelesaiannya juga membutuhkan proses panjang juga," ujarnya.

Penyelesaian secara tertulis, kata Said, merupakan jalan keluar yang paling akhir, setelah pendekatan-pendekatan lain belum terlihat hasilnya.  ant/ahi

It never hurts to be well-informed with the latest on tech. Compare what you've learned here to future articles so that you can stay alert to changes in the area of tech.

No comments:

Post a Comment