Friday, December 18, 2009

Ribuan Orang Berjalan Menuju Solo Jelang Suro

The following article includes pertinent information that may cause you to reconsider what you thought you understood. The most important thing is to study with an open mind and be willing to revise your understanding if necessary.
SOLO--Ribuan orang dari sejumlah kabupaten di sekitar Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis malam, berjalan kaki menuju Solo, menjelang berlangsung upacara adat malam satu suro atau tahun baru 1431 Hijriyah.

Di sepanjang sejumlah akses jalan menuju Kota Solo sudah terlihat sejumlah rombongan orang berjalan menuju Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Dari arah timur para pejalan kaki berangkat dari Kabupaten Sragen dan Karanganyar, sedangkan dari arah barat pejalan kaki berasal dari Kabupaten Boyolali dan Klaten.

Sementara, dari arah selatan pejalan kaki kebanyakan berasal dari Kabupaten Sukoharjo dan Wonogiri.

Selain berjalan kaki secara berombongan, tidak sedikit dari warga yang ingin menghadiri salah satu upacara adat Jawa terbesar tersebut dengan menggunakan kendaraan carteran, seperti bus dan truk.

Sometimes the most important aspects of a subject are not immediately obvious. Keep reading to get the complete picture.

Salah seorang warga Kabupaten Karanganyar yang datang dengan berjalan kaki, Sukinah (50) mengatakan, dia dan 13 orang lain dalam rombongannya telah berjalan menuju keraton sejauh sekitar 30 kilometer.

"Cara kami datang dengan berjalan kaki menjadi wujud keprihatinan kami terhadap kondisi berita indonesia terbaru saat ini," katanya.

Melalui pengorbanan yang dia lakukan, lanjut Sukinah, doa dan harapan untuk berita indonesia terbaru yang dipanjatkan kepada Tuhan dapat terkabul di awal tahun baru Islam 1431 Hijriyah ini.

Senada dengan itu, warga lainnya yang berjalan dari Kabupaten Wonogiri, Suwarso (73) mengatakan, setiap tahun baru Islam dia selalu melakukan aksi serupa. "Selain agar doa kami terkabul, ini juga jadi wujud kesetiaan kami kepada Sultan Surakarta," kata Suwarso.

Sementara itu, ribuan warga Kota Solo dan sejumlah daerah di sekitar Solo memadati Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah, menjelang upacara adat peringatan malam 1 Suro atau tahun baru Islam 1431 Hijriah sejak pukul 18:00.

Selain itu, Keraton Kasunanan Surakarta juga akan melangsungkan upacara adat memperingati tahun baru Islam 1431 Hijriyah dengan mengkirab sejumlah kerbau keturunan Kyai Slamet, yang dianggap sakral oleh kalangan keraton dan rakyatnya.

Upacara adat di Keraton Kasunanan Surakarta berlangsung sekitar Jumat dini hari (18/12) pukul 00:00 WIB atau beberapa jam usai upacara adat di Pura Mangkunegaran. ant/ahi

Now might be a good time to write down the main points covered above. The act of putting it down on paper will help you remember what's important about tech.

No comments:

Post a Comment